Cara Menjadikan Kamera Mirrorless Sony Sebagai Webcam

RADAR KONTRA – Hampir setiap merek kamera sekarang dapat digunakan sebagai webcam, terutama beberapa model yang lebih baru. Sejak pandemi COVID-19, kita sekarang memasuki normal baru, meningkatkan kebutuhan akan kamera web untuk konferensi video, webinar, dan komunikasi berbasis video lainnya.

Canon menjadi produsen kamera pertama yang mengubah kamera DSLR dan mirrorless tertentu menjadi webcam. Kemudian Fujifilm, Panasonic, Olympus, dan Sony.
Meski sedikit tertinggal dari para pesaingnya, daftar kamera yang didukung mencapai 35 model pada peluncuran awal. Kamera mirrorless full-frame Sony termasuk A9 II, A9, A7R IV, A7R III, A7R II, A7S III, A7S II, A7S, A7 III, dan A7 II.

Sementara itu, pengguna Sony APS-C memiliki A5100, A6100, A6300, A6400, A6500, dan A6600. Berikutnya, kamera saku termasuk RX100 VII, RX100 VI, RX100 V, RX100 IV, RX10 IV, RX0 II, RX0, dan ZV-1.

Menariknya, kamera entry-level A5100 masih masuk dalam daftar. Sayangnya, A6000, yang tampaknya lebih populer daripada A5100, ternyata tidak didukung oleh Sony. Semoga kedepannya Sony akan menambahkan A6000 agar bisa digunakan sebagai webcam.

Kamera web Imaging Edge
Sony telah meluncurkan aplikasi desktop bernama Imaging Edge Webcam yang memungkinkan pengguna melakukan streaming langsung, konferensi video, dan lainnya hanya dengan sekali gesek. Sambil memanfaatkan teknologi pencitraan yang tepat dari kamera Sony, seperti fokus otomatis dan kualitas gambar yang tinggi.

“Kami akan terus beradaptasi dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami. Masukan mereka sangat penting untuk semua yang kami kembangkan di ruang ini. Permintaan untuk streaming langsung dan komunikasi video Mengingat permintaan yang meningkat, kami juga sangat senang untuk berbagi aplikasi terbaru,” kata Kazuki Makiyama, Presiden dan Direktur Sony Indonesia.

“Dengan cara ini, banyak pelanggan setia Sony dapat dengan cepat dan mudah mengubah kamera mereka menjadi webcam yang sangat efisien untuk streaming langsung, panggilan video, dan lainnya.

Jadi bagaimana Anda bisa mengubah kamera digital Sony Anda menjadi webcam?Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi desktop Imaging Edge Webcam dari tautan ini dan pilih jenis kamera Anda. Kemudian instal di desktop PC atau laptop berbasis Windows 10 Anda.

Tutorial ini menggunakan Sony ZV-1. Sebelum menghubungkan kamera ke laptop Anda, Anda harus menonaktifkan fungsi Ctrl dan mengaktifkan fungsi Remote PC di smartphone Anda. Caranya adalah dengan mengakses pengaturan dengan menekan tombol “Menu” pada kamera, gulir ke bawah ke kartu jaringan dan pilih Ctrl di smartphone Anda untuk menonaktifkannya.
Kemudian, masih pada kartu jaringan Anda, pilih dan aktifkan Fitur PC Remote. Saat Anda menghubungkan kamera ke laptop melalui koneksi USB, Anda dapat menggunakan multiport kamera dengan kabel data microUSB internal.
Katakanlah Anda membuka versi desktop aplikasi Zoom untuk melihat bahwa ini berfungsi. Lalu masuk ke pengaturan, pilih video dan ubah kamera ke Sony Camera (Imaging Edge).

Sony ZV-1 ini memberi Anda kebebasan untuk mengatur mode kamera manual atau otomatis. Anda juga dapat menggunakan fitur unggulan Sony ZV-1 seperti Background Defocus dan Product Showcase. Ini sangat berguna sebagai presenter atau presenter webinar.

Salah satu keuntungan menggunakan kamera digital dibandingkan webcam internal atau eksternal adalah kualitas gambar jauh lebih baik, terutama di ruangan gelap. Namun pastikan lensa yang Anda gunakan cukup lebar. Gunakan lensa sudut lebar minimal 28mm setara bingkai penuh, 24mm, 20mm, atau lebih besar. Rekomendasi saya adalah lensa tetap.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.