Karakteristik Benua Eropa, Asia dan Amerika Pelajari Di Sini !!!

Karakteristik Benua Eropa

Eropa adalah salah satu benua di dunia. Benua ini dijuluki benua putih karena sebagian besar penduduknya memiliki kulit putih dengan mata berwarna biru, coklat atau abu-abu.

Benua Eropa memiliki banyak ciri khas yang membedakannya dengan benua lain.

Dilaporkan dari Ensiklopedia BritannicaBenua Eropa merupakan benua terkecil kedua setelah benua Australia.

Luas benua Eropa hampir seperlima dari total luas daratan dunia. Benua ini memiliki banyak negara dan pulau yang terkenal hingga dunia internasional.

Seperti yang disebutkan dari situs, ciri-ciri benua Eropa adalah sebagai berikut: Nasional geografis sebaik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

Kondisi fisik benua Eropa

Secara astronomis, Benua Eropa terletak pada 9°B-60°BT dan 35°LU-80°LU. Menurut daerah ini, benua Eropa memiliki iklim panas dan dingin.

Secara astrologi, benua Eropa memiliki empat iklim. Perubahan iklim ada di sini:

  1. iklim mediterania
    Iklim ini ditandai dengan musim dingin yang dingin dan musim panas yang sangat kering.
  2. Iklim kontinental
    Iklim ini ditandai dengan suhu yang sangat dingin. Perbedaan antara musim dingin dan musim panas sangat tinggi. Iklim ini dapat ditemukan di Eropa Tengah.
  3. Iklim panas
    Iklim ini dipengaruhi oleh wilayah laut dan daratan. Karena iklim hangat yang dipengaruhi oleh laut, biasanya banyak hujan, dan musim dingin tidak terlalu parah. Sementara itu, ada musim dingin yang parah dengan iklim dataran tinggi yang mempengaruhi daratan.
  4. Iklim bawah permukaan
    Iklim ini ditandai dengan suhu yang sangat rendah ketika musim dingin tiba. Jenis iklim ini dapat ditemukan di Eropa Utara.

Luas total benua ini diperkirakan 10.600.000 kilometer persegi. Padahal, Benua Eropa dan Asia terletak di satu benua, yaitu Benua Eurasia.

Terkadang benua Eropa digambarkan sebagai: Semenanjung. Karena benua ini, semenanjung superbenua Eurasia berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Samudra Atlantik di barat, benua Asia di timur, Laut Mediterania, Laut Hitam, dan Laut Kaspia di selatan. .

Benua Eropa memiliki empat wilayah fisik utama: Dataran Tinggi Barat, Dataran Eropa Utara, Dataran Tinggi Tengah, dan Pegunungan Alpen. Seluruh wilayah fisik ini tersebar dari barat hingga timur benua Eropa.

Ciri-ciri alam utama benua Eropa adalah daerah datar, pegunungan tua dan pegunungan muda.

Sebagian besar penduduk benua Eropa terdiri dari lima suku:

  1. Orang Nordik
    Ciri utamanya adalah dia memiliki mata biru dengan warna rambut yang sangat cerah. Misalnya, penduduk Jerman, Belanda, dan Semenanjung Skandinavia.
  2. orang pegunungan
    Fitur utamanya adalah mata cokelat dan rambut pirang. Misalnya, penduduk Prancis, Swiss, dan Belgia.
  3. orang mediterania
    Fitur utamanya adalah mata cokelat dan rambut hitam bergelombang. Misalnya masyarakat Yunani, Italia dan Spanyol.
  4. Suku Slavia
    Penampilan utamanya adalah dia memiliki mata abu-abu dan biru dan rambutnya sedikit pirang putih. Misalnya rakyat Bulgaria, Slovakia dan Yugoslavia.
  5. Suku Dinara
    Fitur utamanya adalah rambut hitam. Ambil Rumania misalnya.

Kondisi negara-negara di benua Eropa

Benua Eropa memiliki sekitar 45 hingga 50 negara. Sebagian besar negara-negara ini berada di negara maju.

Benua ini memiliki banyak negara yang terkenal di dunia internasional. Negara-negara tersebut antara lain Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Belanda, Swiss, Swedia dan lain-lain.

Jika kita melihat ekonomi, kita dapat melihat bahwa banyak negara di Eropa yang fokus pada industri.

Sebagai contoh, di Inggris, Birmingham merupakan salah satu pusat industri berat seperti mobil dan pesawat terbang.

Selain industri, banyak negara Eropa fokus pada pertanian, pertambangan, dan perdagangan. Untuk sistem mata uang, sebagian besar negara di benua ini menggunakan Euro.

Karakteristik Benua Asia

Asia adalah benua terbesar di dunia. Benua ini memiliki kepadatan penduduk yang tinggi dan kondisi topografi yang beragam.

Selain itu, benua ini memiliki banyak keajaiban dunia seperti Tembok Besar di China, Taj Mahal di India, Ka’bah di Arab Saudi dan Candi Borobudur di Indonesia.

Berikut adalah beberapa fitur dari benua Asia

Pemandangan yang sangat berbeda

Benua Asia merupakan tempat bertemunya dua jalur pegunungan yaitu Circum Mediterania dan Circum Pasifik, serta banyak bagian seperti pegunungan lipatan muda, dataran tinggi tua, dataran rendah, lembah sungai dan gurun. Kondisi alam ini diwakili oleh Dataran Tinggi Deccan di India dan Dataran Turan di Rusia.

Dilaporkan dari Nasional geografisBenua Asia terbagi menjadi lima wilayah fisik utama, yaitu pegunungan, dataran tinggi, rawa dan gurun, wilayah perairan tawar dan wilayah perairan asin.

Hal ini membuat benua Asia sangat kaya akan berbagai jenis lanskap. Keanekaragaman ini memunculkan banyak spesies tumbuhan dan hewan yang tersebar di setiap wilayah Asia.

Benua terbesar di dunia

Menurut Mulyadi dalam bukunya Benua dan lautan (2019), Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas benua ini bahkan mencapai seperempat luas daratan dunia.

Luasnya diperkirakan mencapai 44,58 juta kilometer persegi. Benua Asia terbagi menjadi enam wilayah, yaitu Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Utara, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

Populasi tinggi

Di tahun Pada tahun 2018, populasi benua Asia mencapai 4,561 miliar. Beberapa negara terpadat di Asia adalah Cina, India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.

Tempat lahir dan perkembangan agama yang berbeda

tersebut Ensiklopedia BritannicaBenua Asia merupakan tempat lahirnya semua agama besar di dunia, yaitu Buddha, Kristen, Hindu, Islam, dan Yudaisme.

Ini memiliki dataran tinggi dan gunung tertinggi di dunia

Benua Asia memiliki dataran tinggi dan gunung tertinggi di dunia, yaitu Gunung Everest di Himalaya dan Dataran Tinggi Tibet.

Selain dua hal tersebut, benua Asia yang memiliki terluas di dunia adalah Laut Cina Selatan.

Fitur lain dari benua Asia:

  1. Terletak di Arab Saudi, benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia
  2. Ini memiliki gurun yang luas.
  3. Ini adalah benua yang sering mengalami gempa bumi.
  4. Ini memiliki banyak keajaiban dunia yang tersebar di banyak negara.

Karakteristik Benua Amerika

Amerika terbagi menjadi dua, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Menurut sejarah, benua Amerika ditemukan pada tahun 1492 oleh salah satu penjelajah Eropa, Christopher Columbus.

Sebelum Christopher Columbus, penjelajah yang menemukan benua Eropa adalah Amerigo Vespucci dari Italia. Nama Amerigo diabadikan sebagai nama benua Amerika.

Ada 35 negara di benua Amerika yang diakui oleh PBB. Negara ini secara geografis dibagi menjadi empat wilayah, yaitu wilayah Amerika Utara, wilayah Karibia, subwilayah Amerika Tengah dan benua Amerika Selatan.

wilayah Amerika

Mengutip dari buku Jelajahi Kelas IX IPS Volume 3 SMP/MTsLuas benua Amerika adalah 42.330.000 km2. Amerika adalah sekitar 28,5% dari permukaan bumi.

Amerika memiliki banyak perbatasan. Berikut ini adalah perbatasan benua Amerika.

    1. Ke utara: Laut Arktik dan Laut Boford
    2. Timur: Samudra Atlantik
    3. Selatan: Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Antartika
    4. Barat: Selat Bering dan Samudra Pasifik

Ciri-ciri orang Amerika

Ciri-ciri atau ciri-ciri benua Amerika:

    • Amerika Utara adalah benua terbesar ketiga di Bumi dan Amerika Selatan adalah yang keempat.
    • Perbatasan nasional antara benua Amerika Utara dan Selatan adalah negara-negara Panama (Amerika Utara) dan Kolombia (Amerika Selatan).
    • Amerika memiliki air terjun terbesar di dunia, yaitu Guaira Falls di Brazil dan Niagara Falls di Amerika Serikat.
    • Pegunungan Amerika membentang dari Alaska ke bagian utara Pulau Tierra del Fuego di selatan.
    • Ada pemandangan yang berbeda antara Amerika barat dan timur.
    • Letak Astronomi Benua Amerika Benua ini terdiri dari beberapa musim seperti iklim kutub, iklim subtropis, iklim subtropis, dan iklim gurun.

Iklim Amerika

Amerika memiliki empat iklim, yaitu.

Iklim kutub memiliki periode udara dingin yang lama. Ketika musim dingin pendek. Iklimnya kutub di wilayah utara dan selatan benua, di sekitar pantai barat Pulau Api-Api.

Iklim Amerika dicirikan oleh 4 musim: musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Amerika memiliki 4 musim di bagian selatan belahan bumi utara.

Iklim tropis memiliki curah hujan, kelembaban dan suhu yang tinggi sepanjang tahun. Amerika yang beriklim tropis melintasi garis khatulistiwa. Iklim tropis di beberapa bagian Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Iklim gurun bervariasi dalam suhu, tiba-tiba berubah sangat cepat dan jumlah hujan rendah. Iklim ini sebagian besar di daerah pegunungan.

Orang Amerika awal

Orang Amerika memiliki masyarakat adat, yaitu Eskimo dan Indian. Kemudian datanglah imigran kulit putih dari Eropa seperti Inggris, Italia, dan Prancis yang berada di benua Amerika. Imigran dari Amerika Latin datang dari Spanyol dan Portugal.

Lanskap

Benua Amerika memiliki kondisi alam yang berbeda, bentang alamnya terbagi menjadi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kondisi alam ini menghasilkan bentang alam yang berbeda seperti gunung, hewan, dan sungai.

Amerika Utara membentang dari Alaska di utara hingga Meksiko di selatan. Iklim di bagian utara ini lebih dingin daripada bagian Amerika lainnya.

Pegunungan terkenal di Amerika Utara adalah Pegunungan Rocky, yang meliputi Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Madre barat, dan Sierra Madre Nevada. Lembah luas paling terkenal di Amerika Utara adalah Grand Canyon.

Benua Amerika Utara mengalirkan Sungai Pajang, yang menjadi perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat. Sungai-sungai tersebut meliputi Sungai Mississippi, Sungai Missouri, Sungai Arkansas, Sungai Colorado, dan Sungai Rio Grande.

Amerika Tengah terdiri dari pegunungan dan dataran setinggi 2.500 meter. Di bagian selatan Amerika Tengah, terdapat saluran yang menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Atlantik.

Amerika Selatan memiliki pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan sungai. Pegunungan Andes adalah gunung tertinggi di Benua Amerika, mencapai ketinggian 6.959 meter.

Di bagian selatan benua Amerika, terdapat sebuah sungai besar, yaitu Sungai Amazon. Sungai ini mengalir melalui berbagai anak sungai yang ditutupi oleh hutan Amazon. Karena hutan hujan Amazon berada di iklim tropis, ia memiliki beragam flora dan fauna.

Contoh hewan yang hidup di iklim tropis Amerika antara lain banteng, buaya, beruang, kadal, llama, jaguar, puma, monyet, ular, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.