KARKTERISTIK BENUA AFRIKA, AUSTRALIA, ANTARTIKA PELAJARI DISINI!!!

KARKTERISTIK BENUA AFRIKA

Bumi memiliki enam benua yang terbagi menjadi Asia, Afrika, Australia, Eropa, Antartika dan Amerika. Setiap benua memiliki kondisi geografis dan sumber daya alam yang berbeda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, benua adalah daratan atau daratan yang sangat luas yang bagian tengahnya tidak terpengaruh oleh angin laut.

Berdasarkan letak astronomis bumi, benua dibagi menjadi garis bujur dan garis lintang. Garis bujur membagi bumi menjadi belahan bumi barat dan timur. Bagian timur ini meliputi benua Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Antartika.

Belahan Bumi Barat dibagi menjadi Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Antartika.

Secara astrologi, benua Afrika terletak di tiga garis lintang utama: Khatulistiwa, Garis Besar Kanker (23,5 derajat LU) dan Garis Besar Kanker (23,5 derajat Lintang Selatan). Posisi astronomis benua Afrika adalah 380 LU-350 LS dan 170 BB-510 BT.

Lokasi geografis benua Afrika

Benua Afrika secara langsung dikelilingi oleh laut, selat, dan samudra. Berikut ini adalah letak geografis benua Afrika.

  • Utara: Eropa Kontinental, Laut Mediterania atau Laut Mediterania dan Laut Gibraltar
  • Di timur: Benua Asia, Laut Merah dan Samudra Hindia
  • Di selatan: Samudra Hindia
  • Di sebelah barat: Samudra Atlantik
  • Iklim benua Afrika

Sebagian besar wilayah Afrika memiliki curah hujan yang rendah. Di beberapa negara ada gurun, lembah dan pegunungan. Benua Afrika memiliki gurun yang gersang dan tandus seperti Gurun Sahara, Libya, Sahel dan Lembah Taudenni.

Sedangkan bagian selatan dan timur memiliki pegunungan yang lebih tinggi dibandingkan bagian utara dan barat. Tanzania memiliki Gunung Kilimanjaro, gunung tertinggi di Afrika.

Benua Afrika memiliki sungai terpanjang (6.690 km) di dunia. Benua Afrika dibagi menjadi empat wilayah iklim:

Iklim sedang (subtropis)

Daerah ini memiliki iklim tropis di bagian selatan benua Afrika, seperti Afrika Selatan dan Tropic of Cancer.

Daerah ini melewati khatulistiwa untuk menerima curah hujan yang teratur. Semakin jauh jarak dari khatulistiwa, semakin sedikit curah hujan yang ada.

Iklim tropis mengalami panas dan hujan sepanjang tahun. Contoh negara tropis adalah Kenya dan Uganda. Sedangkan iklim hangat berada di pesisir Afrika Barat dan sebagian di wilayah timur.

Hal ini dikenal sebagai gurun besar dan kosong di Afrika. Iklim gurun ini berada di benua Afrika Utara dan Barat Daya. Iklim kering mengalami kekeringan sepanjang tahun.

Kutipan dari kemdikbud.go.idwilayah iklim Mediterania berada di ujung utara benua Afrika, di sekitar Laut Mediterania.

Musim ini ditandai oleh Laut Mediterania. Tidak hanya sebagian dari benua Afrika, tetapi benua Eropa seperti Spanyol, Prancis dan Italia terkena iklim Mediterania.

Iklim Mediterania adalah iklim subtropis di mana musim panas kering, dan musim dingin sering hujan dan lembab.

Menurut keempat iklim di atas, benua Afrika memiliki keunikan dalam persebaran tumbuhan dan hewannya. Di Afrika, tanaman unik seperti papirus, akasia dan kurma tumbuh di beberapa daerah.

Benua Afrika memiliki sabana dan hutan hujan yang dihuni oleh hewan-hewan unik. Hewan yang hidup di benua Afrika seperti kasuari, zebra, gajah, harimau, singa dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri Benua Afrika

  • Benua Afrika memiliki gurun pasir terluas di dunia, Gurun Sahara.
  • Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia.
  • Benua Afrika disebut sebagai benua hitam atau black continent karena mayoritas penduduknya adalah Negroid.
  • Benua ini memiliki rata-rata usia penduduk di bawah 20 tahun. Usia rata-rata penduduk dunia adalah 30 tahun.
  • Lanskap benua Afrika meliputi gurun, pegunungan, lembah, dan dataran tinggi.
  • Benua Afrika memiliki iklim tropis, subtropis, gurun, dan Mediterania.
  • Benua Afrika dilintasi pada garis lintang 0 derajat (khatulistiwa).

Negara-negara di benua Afrika

PBB telah mengakui sebanyak 54 negara berdaulat di benua Afrika. Berdasarkan letak geografisnya, negara-negara di benua Afrika dibagi menjadi sebagai berikut.

Daftar negara Afrika Timur

Burundi, Komoro, Djibouti, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Madagaskar, Malawi, Mauritius, Mozambik, Rwanda, Seychelles, Somalia, Tanzania, Uganda, dan Zambia.

Daftar negara di Afrika Tengah

Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah. Chad, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Guinea Khatulistiwa, Integrasi, Sao Tome dan Principe.

Daftar negara di Afrika Barat

Mereka adalah Benin, Burkina Faso, Tanjung Verde, Pantai Gading, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria, Senegal, Sierra Leone, dan Togo.

Daftar negara di Afrika Selatan

Afrika Selatan, Swaziland, Botswana, Lesotho, Zimbabwe, Namibia.

KARAKTERISTIK BENUA AUSTRALIA

Australia adalah benua dan juga negara yang dekat dengan Indonesia. Seperti benua lainnya, Australia memiliki ciri khas tersendiri. Ciri-ciri benua Australia adalah sebagai berikut!

Benua terkecil di dunia

Australia adalah benua dunia. Namun, Australia juga merupakan negara terbesar di dunia. Negara dengan ibu kota Canberra ini memiliki luas 7.741 juta kilometer persegi dan dikelilingi oleh lautan.

Benua terkering kedua di dunia

Australia adalah benua terkering kedua setelah Antartika. Sekitar 20 persen dari luas daratan Australia adalah gurun. Belum lagi rata-rata curah hujan di benua ini tergolong rendah. Sehingga menjadikan Australia sebagai benua yang kering.

Hal ini ditandai dengan seringnya kebakaran hutan di Australia karena cuaca panas, kering, dan angin kencang.

Iklim

Australia terletak antara 100 42′ hingga 430 39′ lintang selatan dan 1130 10′ hingga 1530 40′ bujur timur, yang menciptakan iklim yang bervariasi.

Dilaporkan dari Biro Meteorologi adalah badan cuaca nasional Australia. , Badan Iklim dan Air Iklim benua Australia meliputi iklim khatulistiwa, tropis, subtropis, gurun dan padang rumput. Menjadikan Australia memiliki kisaran suhu yang didukung oleh iklim kawasan.

Tumbuhan dan hewan yang berbeda

Kutipan dari pemerintah Australia Fauna dan flora di benua Australia telah mempertahankan variabilitas yang besar secara geografis, selama iklim kering.

Artinya, Australia memiliki banyak tumbuhan dan hewan endemik yang unik (tidak ditemukan di benua lain).

Salah satu hewan paling terkenal di Australia adalah kanguru. Jadi, meskipun Australia adalah benua yang kering, namun merupakan habitat alami bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan.

Urbanisasi besar-besaran.

Banyak daerah kering membuat sebagian besar benua Australia tidak dapat dihuni. Penduduknya sebagian besar tersebar dari perkotaan hingga kota-kota besar di wilayah tenggara dan barat daya.

Diambil dari Ensiklopedia Britannica Dia bisa terbang sejauh 3,2 ribu kilometer dari Sydney ke Darwin ke utara atau Perth ke barat tanpa melihat satu kota pun.

Di Australia, area sebesar ini tidak mengalami urbanisasi karena iklim yang keras, hanya beberapa orang yang tersebar di sekitar area tersebut.

Suku asli

Benua Australia memiliki masyarakat adat, suku Aborigin. Dilaporkan dari Nasional geografis Orang Aborigin datang ke Australia dan tinggal di tanah itu 50 ribu tahun yang lalu.

Mereka adalah orang-orang tangguh yang dapat bertahan hidup dalam kondisi geografis Australia yang keras.

KARAKTERISTIK BENUA ANTARTIKA

Antartika, kebalikan dari antarticos Yunani Arktik atau anti-Arktik, adalah benua paling selatan di Bumi, berukuran sekitar 13.200.000 km. Menjadikan Antartika sebagai benua terbesar kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Meskipun merupakan benua terbesar, populasi Antartika sangat kecil karena umumnya dihuni oleh para peneliti dan ilmuwan yang menempati wilayah tersebut dalam jangka waktu terbatas.

Antartika merupakan zona bebas yang tidak diklaim oleh negara manapun, meski masih ada beberapa negara yang mencoba mengklaim wilayah tersebut.

Mitos dan legenda tentang daerah yang disebut Terra Australis atau yang disebut ‘Tanah Selatan’ masih tidak benar, tetapi legenda mengatakan bahwa Antartika telah ada sejak zaman kuno, sejak Ptolemy (abad ke-1 M). Asal usul nama Antartika sendiri berawal dari kepercayaan bahwa tidak ada daratan di selatan Australia, dan pada saat itu Australia dikenal sebagai titik paling selatan dunia.

Penemuan Antartika

Peta pertama benua ini dibuat pada tahun 1513 oleh Laksamana Pierre Reyes. Keberadaan Terra Australis menjadi dasar penjelajahan James Cook atas benua besar tersebut pada tahun 1773. Cook melintasi Lingkaran Antartika 75 mil dari pantai Antartika. Tetapi penemuan pertama yang diketahui adalah pada tahun 1820 dan pendaratan pertama yang tercatat adalah pada tahun 1821.

Pada abad ke-18 tercatat ada 3 nama yang tercatat sebagai pengunjung benua Antartika, meskipun dilakukan secara terpisah, yaitu:

Kapten Fabian von Bellingshausen, seorang anggota Angkatan Laut Rusia, melaporkan pada Januari 1820 tentang gunung es yang luas 32 kilometer dari Semenanjung Antartika.

Kapten angkatan laut Inggris Edward Bansfield dikatakan telah melihat Semenanjung Antartika pada bulan yang sama.

Nathaniel Brown, seorang navigator Amerika, melaporkan melihat daratan es dalam ekspedisi berburu pada November 1820.Catatan sebelumnya yang ditulis oleh Orntheus Phineus pada tahun 1532 juga menggambarkan peta dunia dengan Antartika sebagai salah satu landas kontinen, dengan detail garis pantai yang mirip dengan Antartika saat ini.

Tidak ada sejarah awal penemuan benua tersebut karena Antartika masih tertutup oleh lapisan es rata-rata 1,6 km.

Pendaratan Antartika dilaporkan oleh John Davies pada Februari 1821 di Teluk Hughes dekat Cape Charles di Antartika Barat. Meskipun beberapa sejarawan membantah laporan ini, yang diterima adalah pendaratan pertama di Cape Adair pada tahun 1895.

Pada Januari 1840, dua hari setelah penemuan pantai barat Kepulauan Ballene, beberapa anggota awak ekspedisi Jules Dumont d’Urville mendarat di High Island Antartika, 4 km dari Cape Geodesy di lepas pantai Daratan Adali.

Pada tahun 1841, penjelajah James Clark Ross menyeberangi tempat yang sekarang disebut Laut Ross dan menemukan Pulau Ross. Ross berlayar melintasi dinding es besar yang kemudian dinamai Lapisan Es Ross.

Di tahun Pada tahun 1907, selama ekspedisi Nimrod yang dipimpin oleh Ernest Shackleton, tim yang dipimpin oleh Edwards David menjadi yang pertama mendaki Gunung Airbus dan mencapai Kutub Magnetik Selatan. Di tahun Dari Desember 1908 hingga Februari 1909, Shackleton melintasi Lapisan Es Ross, menjadi orang pertama yang melintasi Pegunungan Transantartika (melalui Gletser Beardmore) dan pertama kali menginjakkan kaki di Dataran Tinggi Kutub Selatan.

Orang pertama yang mencapai Kutub Selatan adalah penjelajah Norwegia Ronald Amundsen bersama penjelajah Inggris Robert Falcon Scott. Amundsen menancapkan bendera Norwegia di Antartika pada 14 Desember 1911, dari Whale Bay dan Gletser Axel Heiberg. Namun Amundsen menghilang pada Juni 1928 saat ikut serta dalam misi penyelamatan di Laut Barents.

Selama tahun 1930-an dan 1940-an, Richard Evelyn Byrd memimpin beberapa ekspedisi ke Antartika dengan pesawat. Ia dikenal karena menerapkan mekanisme transportasi darat di Antartika dan melakukan penelitian geologi dan biologi.

Pada tanggal 31 Oktober 1956, sebuah pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat yang dipiloti Laksamana George J. Dufek berhasil mendarat di Antartika.

Lokasi dan lingkungan benua Antartika

Dalam astronomi, misalnya, benua Antartika terletak pada 66,5⁰LS – 90⁰LS. Berdasarkan posisi astronomis, kita dapat sampai pada kesimpulan bahwa benua Antartika secara geografis terletak di kutub selatan bumi. Di permukaan bumi, benua Antartika dikelilingi oleh lautan terluas di dunia, yaitu Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Luas benua Antartika adalah 15.500.000 km. Pada tingkat ini, benua Antartika lebih besar dari benua Australia. 98% benua Antartika tertutup es.

Fitur benua Antartika

Ciri-ciri benua Antartika dapat diidentifikasi sebagai berikut.

Hampir seluruh permukaannya tertutup es dan salju, dengan ketebalan rata-rata 2.440 meter.

Suhunya sangat dingin sehingga tidak dihuni manusia.

Dikelilingi oleh lautan besar yaitu Samudera Pasifik, Samudera Atlantik dan Samudera Hindia.

Ada banyak gunung seperti Gunung Vinson Massif (5.140 m), Gunung Kirkpatrick (4.528 m), Gunung Markham (4.350 m), Gunung Jackson (4.189 m) dan Gunung Veda (3.742 m).

Iklim adalah campuran badai salju, udara yang sangat dingin dan angin kencang.

Suhu di bulan Juni – dari 400 C hingga 00 C dan di pedalaman – 700 C.

Perbatasan benua Antartika
Beberapa negara mengklaim Antartika dan berbagi wilayah, termasuk Australia, Selandia Baru, Inggris, Norwegia, Prancis, Argentina, dan Chili. Tidak jarang batas-batas klaim suatu negara masih berbatasan atau termasuk dalam wilayah negara lain.

Amerika Serikat tidak mengklaim wilayah apa pun di Antartika, tetapi telah mendirikan pusat penelitian yang disebut Stasiun McMurdo, stasiun penelitian terbesar di benua itu. Selama musim panas akan ada 1000 ilmuwan, pilot, spesialis dan ahli, dan sekitar 200 orang akan tinggal di sana. Musim dingin.

Sebelumnya, banyak yang menganggap Solveig Gunbjörg Jacobsen sebagai orang pertama yang lahir di Antartika, pada Oktober 1913 di pulau Grytviken – Georgia Selatan. Namun karena pulau itu tidak dianggap sebagai wilayah Antartika, Emilio Marco Palma dari Argentina adalah anak pertama yang lahir di Antartika. Pada Januari 1978
Pada abad ke-20, banyak negara

Pengamat dan peneliti mengklaim wilayah tertentu sebagai bagian dari negara asal mereka.Meskipun Perjanjian Antartika tidak mengakui klaim teritorial ini, beberapa negara masih menyebut observatorium atau stasiun penelitian mereka sebagai wilayah pemerintah.

1. Batas Antartika yang diklaim:

Argentina: 25°B hingga 74°BT; Bagian dari Chili dan Kerajaan Inggris. Antartika Argentina Pada tahun 1943 itu diklaim sebagai wilayah Terra Fuga, Antartika dan Kepulauan Atlantik Selatan.

Australia: 160 ° BT sampai 142 ° BT dan 136 ° BT sampai 45 ° BT. Klaim dibuat pada tahun 1933

Inggris Raya: 20 ° W hingga 80 ° E; Ini mencakup Argentina dan Chili. Klaim 1908

Chili: 53°B hingga 90°BT; Ini mencakup wilayah Argentina dan Inggris. Klaim 1940

Prancis: 142°BT hingga 136°BT. Adelie Land, Klaim 1924

Selandia Baru: 150 ° W hingga 160 ° E. Suaka Ross, Klaim 1923

Norwegia: 45°BT hingga 20°BT Daratan Dronning Maudland termasuk Pulau Peter I, diklaim tahun 1938.

Daerah antara 90°LU dan 150°LU tidak diklaim oleh negara manapun.

2. Batas wilayah yang diklaim sebelumnya

Afrika Selatan: 1963 hingga 1994

Brasilia: 28°B hingga 53°BT; Ini mencakup wilayah Argentina, Inggris, Chili. Klaim diajukan pada tahun 1986

Jerman: 20 ° BT sampai 10 ° BT; Sekarang diambil di Norwegia. Antara 1939 dan 1945 itu dikenal sebagai Neuschwabenland.

Perjanjian internasional tentang Antartika ditandatangani pada tahun 1959 dan mulai berlaku pada tahun 1961, menetapkan bahwa Kutub Selatan hanya boleh digunakan sebagai zona bebas/zona netral untuk penelitian ilmiah. Perjanjian tersebut melarang pembangunan fasilitas militer, pengujian nuklir dan pembuangan limbah radioaktif.

Kondisi Benua Antartika

Antartika adalah tempat terdingin dan paling terpencil di permukaan bumi. Hampir seluruh wilayah Antartika tertutup es setebal 3 km atau lebih. Karena beratnya, es itu sendiri perlahan-lahan didorong ke pantai di mana ia ditemukan di gletser es laut selatan. Dan di benua ini ada rantai gunung besar yang mencakup sekitar 5.000 kilometer. Gunung ini membagi benua Antartika menjadi dua wilayah utama, Antartika Timur (Greater Antarctica) dan Antartika Barat (Less Antarctica).Antartika Barat merupakan bagian dari pegunungan Andes di Amerika Selatan.

Lebih dari 99% Antartika tertutup es, yang menampung 70% air tawar dunia. Es tebal menutupi wilayah tertinggi Antartika dan memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter. Titik tertinggi adalah Massif Vinson (4.897 m) dan titik terendah adalah Bent Subglacial Trench (2.538 m di bawah permukaan laut) di Antartika Barat. Terusan ini tertutup lapisan es setebal lebih dari 3.000 meter.

Antartika mengandung banyak sumber daya alam. Sumber daya mineral yang ditemukan di Antartika termasuk emas, perak, besi, kromium, minyak bumi, gas alam, uranium, titanium, dan batu bara. Meskipun Antartika kaya akan mineral, saat ini tidak ada upaya penambangan .

Leave a Reply

Your email address will not be published.