Kelebihan dan Kekurangan WebP

RADAR KONTRA – Kali ini kita akan membahas terkait “Kelebihan dan Kekurangan WebP”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Kelebihan dan Kekurangan WebP” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Kelebihan dan Kekurangan WebP” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

WebP adalah format gambar yang dikembangkan oleh Google. Format gambar ini sudah ada sejak tahun 2010 dan banyak digunakan hingga sekarang. Banyak pemilik situs web lebih memilih format gambar ini karena ukuran filenya lebih kecil daripada format yang lebih populer seperti JPEG dan PNG. Namun, kualitas gambarnya masih belum terdegradasi.

Format gambar WebP banyak digunakan untuk konten di situs web. Anda dapat mencobanya juga, terutama jika situs webnya memiliki banyak gambar. Misalnya, perjalanan, makanan, fashion, blog kecantikan, atau mungkin situs web portofolio untuk fotografer dan desainer. WebP membuat situs web Anda memuat lebih cepat dengan gambar yang jelas. Ini pasti memengaruhi SEO dan pengalaman pengguna di situs web.

Keuntungan dari Format Gambar WebP

Setelah mengetahui artinya, Anda mungkin tertarik dengan kelebihan format gambar WebP ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

Tingkatkan kinerja situs web

Gambar WebP biasanya lebih ringan dari JPG dan PNG. Ukuran file gambar atau gambar ini lebih kecil, sehingga lebih ringan saat memuat situs. Untuk alasan ini, menggunakan gambar dalam format WebP dapat meningkatkan kecepatan situs web Anda dan meningkatkan kinerjanya.

optimasi SEO

Kecepatan website merupakan salah satu indikator yang dapat mendukung praktik SEO website Anda. Dengan menggunakan gambar yang berukuran kecil dan ringan, website menjadi lebih cepat, sehingga peringkatnya di halaman hasil pencarian Google juga dapat meningkat.

Pertahankan kualitas gambar

Meskipun ukurannya kecil, WebP tetap menawarkan kualitas gambar yang tinggi. Anda tidak perlu mengorbankan kualitas gambar untuk memperkecil ukuran file, lho. Website Anda tetap bisa menampilkan gambar yang jernih, sekaligus meningkatkan kenyamanan pengunjung situs. Format gambar ini juga sangat fleksibel karena mendukung gambar dan animasi transparan.

Hemat bandwidth

Karena ukurannya yang kecil, WebP dapat menghemat bandwidth dan situs web Anda dapat mengunggah lebih banyak konten. Bandwidth itu sendiri adalah kecepatan transfer data dari server ke pengunjung selama periode waktu tertentu. Penting bagi sebuah situs web untuk menghemat bandwidth, terutama untuk situs web dengan banyak konten dalam bentuk gambar.

Kekurangan Format Gambar WebP

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk format gambar WebP. Kerugian dari format ini terkait dengan browser yang mendukungnya. Saat ini ada banyak browser yang mendukung gambar dalam format ini adalah Chrome, Firefox, Opera, Browser Android dan Edge.

Jika pengunjung situs Anda menggunakan browser lain yang tidak mendukung gambar berformat WebP, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan plugin. Pada situs web yang dibangun dengan WordPress, ada banyak plugin yang menyesuaikan format gambar sesuai dengan browser yang digunakan pengunjung, seperti plugin ShortPixel.

Itulah pembahasan terkait Kelebihan dan Kekurangan WebP, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.