MENGENAL APLIKASI KELUARGA SEHAT

RADAR KONTRA – Kali ini kita akan membahas terkait “MENGENAL APLIKASI KELUARGA SEHAT”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “MENGENAL APLIKASI KELUARGA SEHAT” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel berikut dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Menyikapi perkembangan dan penggunaan teknologi yang semakin pesat dalam skala yang sangat besar, serta untuk mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan pemerintah, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Keputusan Presiden No. Sejak itu, banyak perbaikan, pengembangan dan penggunaan e-government semakin didorong. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya aplikasi e-government yang telah dikembangkan dan mulai digunakan untuk mempermudah proses bisnis dan pelayanan pemerintah bagi masyarakat. Salah satunya adalah aplikasi Keluarga Sehat.

Mengenal Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Keluarga Sehat adalah aplikasi yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan untuk mendukung program kesehatan pemerintah Indonesia dalam kerangka Pendekatan Keluarga atau PIS-PIK. Keluarga Sehat pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 oleh Pusdatin (Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan) dengan nama Prokesga. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah operasional pelayanan dan pendataan pasien yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan setempat. Aplikasi Prokesga kemudian berubah nama menjadi aplikasi Keluarga Sehat pada tahun 2016, dan tetap ada hingga saat ini.

Aplikasi Keluarga Sehat merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh tanah air. Aplikasi ini dibuat untuk membantu petugas kesehatan dengan mudah mengumpulkan data setiap rumah tangga di Indonesia. Hal ini berlaku baik di daerah yang sudah memiliki fasilitas internet yang baik maupun di daerah terpencil yang akses internetnya masih sulit.

Fungsi Aplikasi Keluarga Sehat

Merupakan hak warga negara Indonesia untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai. Hal ini merupakan hak asasi manusia yang termaktub dalam Pasal 28h Ayat (1) UUD 1945, yang menyatakan bahwa setiap warga negara harus hidup dan hidup sejahtera lahir dan batin serta dalam keadaan sehat dan sehat. Hak untuk hidup di lingkungan dan hak atas pelayanan dan kesehatan.

Untuk mendukung hak-hak warga tersebut, Kementerian Kesehatan telah membuat program yang disebut “Program Kesehatan di Indonesia Melalui Pendekatan Keluarga (PIS – PK)”. Untuk mewujudkan program ini, Kementerian Kesehatan harus mendaftarkan setiap keluarga dari Sabang di Indonesia hingga Merauke, hingga pelosok tanah air. Sebuah sistem informasi bernama Aplikasi Keluarga Sehat telah dibuat untuk memudahkan proses pendataan ini.

Aplikasi Keluarga Sehat merupakan aplikasi pendataan kesehatan yang dipadukan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) milik Disdukcapil. Memasukkan data ke dalam sistem ini membuat proses pengumpulan data lebih efektif dan efisien.

Aplikasi ini merupakan aplikasi nasional dengan aplikasi regional di seluruh Indonesia. Aplikasi ini memfasilitasi pengambilan data lapangan, data pasien, data fasilitas, dan data analitik. Kemudahan akses data diharapkan dapat mempercepat proses tindak lanjut pelayanan kesehatan masyarakat.

Cara Untuk Mendownload Aplikasi Keluarga Sehat

Download aplikasi Keluarga Sehat sangat mudah. Lakukan hal berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Masukkan kata kunci “Keluarga Sehat 2.0”
  • Pilih aplikasi Keluarga Sehat versi 2.0
  • Klik “Unduh”
  • Setelah berhasil mengunduh, masuk ke aplikasi dengan nama pengguna dan kata sandi yang benar
  • Selesai

itulah pembahasan terkait “mengenal aplikasi keluarga sehat, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.