Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat

RADAR KONTRA – Kali ini kita akan membahas terkait “Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel berikut dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Lalu apa saja fitur yang tersedia di Aplikasi Keluarga Sehat? Pelajari selengkapnya.

1. Fitur Tahun Aktif

Fitur pertama dari aplikasi Keluarga Sehat adalah fitur Tahun Aktif. Fitur ini adalah fitur khusus untuk administrator pusat saja. Fitur ini memungkinkan administrator pusat untuk menentukan waktu aktif tahun atau periode proses pelaporan data survei. Artinya surveyor hanya dapat memasukkan data untuk tahun yang valid dan tidak dapat melaporkan data untuk tahun yang tidak valid.

2. Fitur transfer area kerja

Fungsi kedua adalah fungsi alih area kerja. Fitur kedua ini identik dengan yang pertama, khusus untuk digunakan oleh administrator pusat. Fitur ini memungkinkan administrator pusat untuk mentransfer data keluarga dari satu Puskesmas ke Puskesmas lain jika alamat anggota keluarga berubah.

3. Fitur area kerja

Jika fitur pertama dan kedua adalah fitur khusus untuk administrator pusat, fitur ketiga adalah fitur khusus untuk administrator Puskesmas. Fitur wilayah kerja merupakan fitur yang berguna untuk memetakan wilayah kerja Puskesmas yang diketahui dengan cara mendaftarkan wilayah kerja Puskesmas untuk setiap desa atau kerlahan satu atau lebih kecamatan.

4. Fitur Rukunwaga

Fitur Rukun Tetangga berguna untuk mendaftarkan RT & RW menurut wilayah kerja per desa atau per Kerlahan. Jika ada wilayah yang tidak memiliki RT atau RW, maka Puskesma di wilayah tersebut harus diinventarisasi untuk wilayah tersebut dan diberi nomor tersendiri. Fitur unit komunitas ini merupakan fitur khusus bagi pengurus PKM.

5. Fitur daerah sasaran

Fitur Target Area juga merupakan fitur khusus bagi admin Puskesmas. Fungsi ini digunakan untuk menentukan target atau jumlah target yang tercatat di ruang kerja puskesmas. Target ini didasarkan pada jumlah keluarga sasaran di wilayah kerja Puskesmas per desa atau per Kerlahan.

6. Fitur surveyor target

Fitur Investigator Goals adalah fitur yang memungkinkan pengelola Puskesmas untuk menentukan tujuan kinerja yang harus dipenuhi oleh Investigator. Tujuan ini dibuat untuk mempercepat proses pendataan kesehatan keluarga masyarakat, menumbuhkan rasa tanggung jawab, dan meningkatkan perhatian penyidik ​​terhadap data keluarga sasaran dan tanggung jawabnya. Fitur ini khusus hanya berlaku untuk admin Puskesmas.

7. Fitur pemantauan wilayah

Fitur selanjutnya adalah fitur pemantauan area. Fitur ini digunakan untuk memantau pencapaian kinerja surveyor dan abses dengan membandingkan angka realisasi data keluarga dengan angka yang ditetapkan sebagai tujuan pencapaian sebelumnya.

8. Fitur Puskesmas IKS

Sesuai dengan namanya, fitur IKS (Indeks Keluarga Sehat) Puskesmas adalah fitur yang berisi indeks keluarga sehat menurut wilayah yang diperoleh berdasarkan indeks keluarga sehat yang berlaku.

9. Fitur Crosstab

Fitur terakhir dari aplikasi Keluarga Sehat adalah fungsionalitas tab silang. Fungsi tab silang berperan dalam analisis data. Analisis data dilakukan dengan memanfaatkan data mentah yang diunduh menggunakan akun aplikasi yang dikelola Puskesmas, kemudian diproses secara mandiri dan diunggah kembali. Data mentah yang diunggah ulang tersedia untuk penyesuaian dalam bentuk analisis data tabular silang dan dapat disajikan dalam bentuk grafik, tabel, dll.

itulah pembahasan terkait Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat, penulis berharap hal ini dapat bermanfaat bagi pembaca***

Leave a Reply

Your email address will not be published.