MENGENAL WHATSAPP

RADAR KONTRA – Teman-teman Radarkontra yang baru saja beralih ke smartphone mungkin masih meraba-raba dengan hal-hal baru di perangkat mereka. Seperti yang sobat ketahui, saya masih bingung tentang apa itu WhatsApp, untuk apa, dan fitur-fiturnya. Nah, pada artikel kali ini, redaksi mengulas lengkap WhatsApp, termasuk kisah kelahirannya.

Apa itu WhatsApp?

Pertama, apa yang sebenarnya dilakukan WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone. Dalam hal fungsionalitas WhatsApp-nya, hampir identik dengan aplikasi SMS yang biasa kita gunakan di ponsel lama kita. Namun, WhatsApp menggunakan data internet, bukan pulsa. Jadi dalam aplikasi ini Anda tidak perlu khawatir tentang panjang karakter. Tidak ada batasan selama Anda memiliki data internet yang cukup.

Meskipun merupakan aplikasi perpesanan instan, WhatsApp memiliki beberapa fitur unik. Oleh karena itu, sistem pengenalan kontak, konfirmasi, dan pengiriman pesan akan terus dilakukan melalui nomor ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya. Cara ini berbeda dengan BBM yang menggunakan PIN, dan LINE yang juga mendukung email dan username selain nomor handphone.
Fitur Unggulan WhatsApp

WhatsApp memiliki beberapa fitur.

  • kirim pesan teks
  • Kirim foto dari galeri atau kamera
  • mengirim video
  • Mengirim file Office, dll.
  • Melakukan panggilan suara, seperti mengirim pesan suara yang dapat didengarkan oleh penerima kapan saja.
  • Berbagi lokasi GPS
  • Kirim kartu kontak
  • WhatsApp juga mendukung beberapa emoji, tetapi untuk stiker WhatsApp cukup minimalis – tidak seperti LINE, yang bekerja keras.

Di WhatsApp, pengguna dapat mengatur panel profil mereka sendiri yang terdiri dari nama, foto, status dan beberapa alat pengaturan privasi untuk melindungi profil mereka, pesan cadangan, mengubah nomor akun dan melakukan pembayaran. Anda juga dapat membantu dengan alat untuk… Oh yeah , WhatsApp ini menjadi aplikasi berbayar setelah satu tahun digunakan. Biayanya hanya Rp. 12.000 per tahun. Anda juga dapat membantu teman Anda dengan membayar biaya berlangganan.

Di mana saya dapat mengunduh WhatsApp?

WhatsApp tersedia untuk diunduh di aplikasi Play Store. Secara default, semua smartphone Android modern memiliki toko aplikasi bernama Play Store. WhatsApp dapat ditemukan di App Store. Atau, pengguna iOS dapat mengunduhnya di aplikasi App Store. WhatsApp juga tersedia untuk Nokia S40, S60, BlackBerry dan Windows Phone. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi WhatsApp.

Sejarah WhatsApp

WikiPedia mengutip WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009. Ini berarti WhatsApp kini sudah memasuki tahun keenam. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum, yang bekerja sebagai karyawan Yahoo. Setelah bekerja di sana dan menghemat $400.000, Koum mengunjungi temannya Alex Fishman untuk membahas App Store, yang baru berusia tujuh bulan. Koum merasa toko itu memiliki potensi. Fishman kemudian membantu Koum menemukan pengembang aplikasi iPhone di Rusia bernama Igor Solomennikov.

Tetapi bahkan dengan WhatsApp Inc didirikan, aplikasi WhatsApp itu sendiri belum selesai. Dalam beberapa percobaan WhatsApp crash dan tidak bekerja seperti yang diharapkan. Dalam keputusasaan, Koum berencana untuk menutup perusahaan dan mencari pekerjaan lain. Namun, Brian Acton mendorongnya untuk tinggal selama beberapa bulan lagi. Akhirnya, setelah fase beta yang cukup panjang, WhatsApp resmi mulai bekerja di App Store pada November 2009. Sebelumnya, Koum berinvestasi di Acton dan lima mantan Yahoo! Setelah masuk ke App Store, WhatsApp masuk ke BlackBerry Store pada Januari 2010, diikuti oleh Android pada Agustus.

Meski statusnya berubah dari gratis menjadi berbayar, popularitas WhatsApp masih meroket di hampir semua platform. Per Februari 2013, pengguna aktif WhatsApp melonjak menjadi 200 juta. Jumlah itu berlipat ganda pada Desember dan melonjak menjadi 500 juta pada April 2014. Per September 2015, ada 900 juta pengguna WhatsApp aktif yang terdaftar.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.