Belajar posisi badan renang gaya dada

Berenang adalah salah satu olahraga paling populer di daerah dan di kota. Untuk menguasai berbagai gaya renang, pertama-tama Anda perlu mempelajari dasar-dasar renang, termasuk cara bernapas di bawah air, cara mengapung di bawah air, dan cara meluncur. Beberapa keterampilan teknis dasar dan gerakan yang perlu diperhatikan oleh perenang antara lain: 1) posisi tubuh, 2) gerak kaki, 3) kerja tangan, 4) pernapasan, dan 5) koordinasi gerakan. Gaya Bebas Utama ( Gaya bebas/perayapan ) adalah gaya renang paling populer dan tercepat di dunia, dan gaya dada (Stroke payudara) atau gaya katak Gaya ini tidak secepat gaya bebas tetapi gaya ini sering digunakan oleh orang-orang dalam rekreasi renang karena sangat nyaman untuk dilakukan. Kelebihan dari materi ini tidak hanya untuk melatih dan menganalisis gerakan, tetapi juga untuk menganalisis kesalahan gerakan dan memperbaiki gerakan/metode yang masih kurang baik sehingga gerakan menjadi sempurna. Berenang sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik, meningkatkan sirkulasi darah, pernapasan dan otot serta meningkatkan manfaat psikologis seperti keberanian dan kepercayaan diri. Akibatnya, berenang mengurangi kebosanan, kebosanan, dan stres psikologis yang sering dikaitkan dengan tugas sekolah.

Petunjuk untuk belajar berenang

Salam PJOK… Halo Olahraga… Halo Kesehatan…

Kegunaan modul ini sepenuhnya tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya dan menggunakannya. Baca dan pelajari petunjuk penggunaan modul di bawah ini dengan cermat untuk pengalaman belajar terbaik.

  1. Pelajari modul ini secara berurutan, halaman demi halaman. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan modul ini sebelum Anda benar-benar menguasai komponen-komponen dalam modul ini.
  2. Anda dapat mempelajari modul ini secara individu atau kelompok (di dalam atau di luar sekolah) melalui diskusi, demonstrasi, simulasi atau tanya jawab.
  3. Pelajari modul ini dengan membaca, menonton dan melihat contoh dari gambar atau mencari informasi jika memungkinkan. situs web Ditulis dalam modul ini;
  4. Pelajari sumber belajar lain untuk pelajaran atau latihan yang berhubungan dengan topik. Memilih materi yang tepat dan menyesuaikannya dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang diharapkan;
  5. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mempelajari modul ini, Anda dapat mendiskusikannya dengan teman-teman Anda. Jika tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, tanyakan pada guru atau sumber lain yang terdekat;
  6. Setiap kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan tugas mandiri, latihan soal dan penilaian diri untuk lebih menguasai materi pembelajaran. Dalam modul ini, mengerjakan tugas mandiri, latihan soal dan penilaian diri;
  7. Jika tidak mencapai target 70% dari setiap kegiatan, Anda perlu mempelajari kegiatan belajar yang tidak lengkap jika hasil tugas mandiri, latihan, dan penilaian diri tidak selesai.
  8. Anda harus menyelesaikan evaluasi di akhir modul pembelajaran untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan dari modul ini.
  9. Pada halaman terakhir setiap kegiatan pembelajaran/penilaian, Anda dapat melihat diskusi dan tanggapan terhadap tugas mandiri, soal latihan, dan penilaian setelah Anda mengerjakannya (ingat! kerjakan semua tugas terlebih dahulu).
  10. Ingatlah untuk melakukan pemanasan/pendinginan dan peregangan otot/sendi dengan baik dan benar, setiap saat untuk menghindari ketegangan.

Materi pelajaran renang

Ini dibagi menjadi modul ini 2 Kegiatan pembelajaran meliputi uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal review;

Teknik renang gaya dada dan gaya bebas

  1. Posisi tubuh
  2. Gerakan kaki
  3. Gerakan tangan
  4. pernafasan
  5. Koordinasi gerakan

Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran kegiatan 1 diharapkan

  1. Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, memiliki kesadaran untuk melakukan aktivitas fisik dengan berenang gaya dada sebagai bentuk puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Menunjukkan perilaku jujur, beretika, bertanggung jawab, peduli (kerjasama, kerjasama, toleransi, damai), santun, tanggap dan proaktif saat belajar merancang pola agresif dalam renang gaya dada.
  3. Gaya dada dapat menganalisis teknik renang;
  4. Dapat berlatih teknik renang gaya dada.

Deskripsi bahan

Bra juga disebut gaya katak. Karena berenang meniru gerakan katak. Bedanya, pada manusia, pada saat postur meluncur, kedua kaki dan tangan lurus, tetapi pada gerakan katak, sikap ini tidak ditemukan. Pada abad ke-19, di sekolah-sekolah, termasuk di kemiliteran, yang diajarkan hanya gaya katak saja yang dianjurkan, demikianlah gaya tersebut disebut pada waktu itu. schoolsiag (Renang di Sekolah) Diadaptasi dari bahasa Belanda. Seseorang yang mempraktikkan gaya ini dapat berenang jarak jauh atau untuk jangka waktu yang lama. Aspek teknis yang perlu diperhatikan dalam gaya dada adalah: a) posisi tubuh, – b) gerakan kaki, – c) gerakan tangan, – d) pernapasan, dan – e) koordinasi gerakan.

Lakukan gerakan renang gaya dada sesuai dengan tingkatannya, mulai dari posisi tubuh saat berenang, gerakan kaki, gerakan tangan, pernapasan dan terakhir koordinasi gerakan. Selain itu, perhatikan kesalahan yang terjadi pada setiap tahap, kemudian perbaiki kesalahan tersebut dengan saling mengoreksi dengan teman sekelasnya.

Untuk anak-anak, tahapan latihan renang gaya dada berikut ini akan dipelajari, dipahami, dan dipraktikkan secara intuitif.

  1. Posisi tubuh

Anak-anak belajar posisi tubuh saat berenang gaya dada, posisi tubuh rata dan mudah dengan kepala tinggi dan ditekuk di atas kaki, pukulan kaki terjadi di air dan bahu harus tetap sejajar selama ayunan lengan.

Berikut cara melatih postur dan meluncur saat berenang:

  1. Di tepi kolam, satu kaki berdiri di dinding kolam
  2. Saat sujud, posisi badan ditekuk sejajar dengan permukaan air dan posisi tangan lurus ke depan melalui kedua daun.
  3. Dorong tubuh Anda dengan kuat ke dinding kolam dengan kaki Anda, maka tubuh Anda akan meluncur ke dalam kolam.
  4. Jaga agar lengan, kaki, dan tubuh Anda lurus ke depan, sejajar dengan permukaan air, dan jaga keseimbangan Anda.

Kesalahan yang sering terjadi saat meluncur pada posisi badan:

  1. Keseimbangan tubuh tidak stabil
  2. Kepalanya sangat tinggi di atas permukaan air
  3. Posisi saya
  4. Tubuh tidak menyesuaikan
  1. Gerakan kaki

Anak-anak akan memahami bahwa tendangan kaki gaya dada terjadi di dalam air dan kaki mulai seperti langkah, kemudian kaki disatukan dan lutut dibawa ke tempat duduk untuk membawa tumit dan kaki ditekuk ke luar pada saat yang bersamaan. Lihat gambar di bawah ini.

Untuk melatih kerja keras Anda dalam berenang gaya dada, Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini dengan baik dan benar:

  • Tubuh dalam posisi tengkurap
  • Kedua tangan menempel di dinding
  • Kaki ditekuk (lutut ditekuk/ditekuk ke dalam)
  • Kemudian tendang/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan).
  • Masih dalam posisi kaki lurus, lalu rapatkan kedua kaki (sampai telapak kaki kiri dan kanan sedikit bersentuhan, hal ini meningkatkan tekanan).
  • Ulangi urutan di atas, lipat, tutup, tutup, lipat, lipat, tutup. Jadi beginilah urutan gerakan payudara: membungkuk, menendang, menutup.

Kesalahan umum dalam gerakan kaki gaya dada:

  1. Kaki tidak rileks
  2. Kaki naik di atas permukaan air / ada kelangsungan hidup air seperti gaya bebas
  3. Kaki tidak menekuk dengan benar
  4. Gerakan kaki tidak konsisten dan tidak diikuti gerakan lanjutan
  1. Gerakan tangan

Gerakan tangan anak di dada, atur tangan di atas kepala, gerakan tangan ke kiri dan ke kanan. Gerakan tangan, kaki dan pernapasan yang terkoordinasi adalah ketika tangan bergerak ke kiri dan ke kanan, kemudian kepala terangkat saat mengambil napas.

Untuk melatih gerakan lengan dalam renang gaya dada, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan bertemu dan menempel).
  • Kemudian tarik tangan ke kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik selebar bahu dan tarik sisanya ke bawah)
  • Jaga agar lengan Anda tetap lurus
  • Ulangi perintah dengan meluruskan lengan di atas kepala, menggerakkan lengan ke kiri dan kanan.
  • Jadi, urutan gerakan lengan untuk gaya dada: luruskan lengan di atas kepala, gerakkan lengan ke kiri dan
  • Gerakan gabungan lengan, kaki, dan pernapasan dilakukan saat tangan bergerak ke kiri dan ke kanan, lalu kepala menengadah sambil mengambil.

Kesalahan yang sering terjadi pada gerakan tangan dada:

  1. Tarik tangan ke bawah
  2. Tarikan tangan lemah
  3. Jari tidak terbuka/kencang
  1. pernafasan

Setelah bayi sangat lancar, mulailah belajar bernapas. Saat tangan bergerak ke samping, maka angkat kepala sedikit di atas permukaan air dan segera ambil napas. Lakukan hingga menjadi halus. Gerakan lengan dan kaki dilakukan secara bergantian. Kemudian menyelam jauh ke tengah dan berenang untuk mencapai tepi kolam. Lakukan terus hingga seluas kolam renang. Setelah Anda merasa nyaman, mulailah meningkatkan gaya dada Anda. Gerakan kaki dan lengan alternatif: 1 gerakan kaki, 1 gerakan tangan dan tarik napas. Gerakan tangan tidak boleh terlalu lebar, tetapi sedikit ke bawah (ini memberikan tekanan yang kuat dan membuat pernapasan lebih mudah).

Leave a Reply

Your email address will not be published.