Windows vs Linux: Mana yang lebih unggul?

RADAR KONTRA – Kali ini kita akan membahas terkait “Windows vs Linux: Mana yang lebih unggul?”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Windows vs Linux: Mana yang lebih unggul?” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Windows vs Linux: Mana yang lebih unggul?” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Pernahkah Anda mendengar tentang Windows atau Linux? Jadi kapan Anda akan membeli laptop atau komputer? Apakah kedua nama ini terdengar asing bagi Anda? Di dunia komputer, nama Windows vs Linux tentu sudah tidak asing lagi. Keduanya disebut sama-sama sebagai Sistem Operasi atau Operating System (OS) dan merupakan komponen utama di setiap laptop atau komputer. Oleh karena itu, setiap komputer atau laptop harus memiliki sistem operasi.

Mengapa harus ada sistem operasi? Karena fungsi utama dari sebuah sistem operasi adalah sebagai penghubung antara hardware dan software dalam sebuah komputer atau laptop. Jika tidak ada sistem operasi, kolaborasi antar perangkat tidak akan berjalan dengan baik. Selain itu, jenis sistem operasi yang paling populer adalah Windows dan Linux

Apa itu Windows?

Sistem operasi yang menggunakan logo Windows adalah Windows. Windows adalah sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft Inc. Dari segi pengguna, sistem operasi ini adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan.

Secara historis, Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS yang diluncurkan dengan komputer pribadi dari IBM pada tahun 1985. Setelah pengembangan yang sukses, Windows 1.0 muncul sebagai generasi pertama. Namun dalam prakteknya, Windows 1.0 memiliki banyak kekurangan yang membuatnya kurang laku di pasaran.

Meskipun Windows generasi pertama memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Microsoft secara bertahap memperbarui Windows untuk setiap generasi, sehingga Windows kini telah mencapai generasi kesebelas.

Apa itu linux?

Linux atau yang biasa dikenal dengan GNU/Linux Ubuntu adalah sistem operasi yang diluncurkan oleh para insinyur perangkat lunak. Tidak jauh berbeda dengan nama Linux, dibuat oleh Linus Torvalds pada pertengahan tahun 1990-an. Dengan sistem open source, Linux memiliki jutaan pengguna. Selain itu, jika diperhatikan, logo yang menjadi ciri khas sistem operasi ini adalah penguin yang nyaman. Dari segi akses, Linux memberikan layanan gratis dan lengkap kepada penggunanya.

Windows vs Linux: Mana yang lebih unggul?

Sebelum membandingkan kedua sistem operasi raksasa tersebut, tentunya kita harus melihat beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada. Kedua sistem ini tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing, yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya di PC atau laptop Anda.

Berbayar vs Gratis

Dari segi harga, jika Anda ingin menginstal Windows, Anda harus membayar sesuai dengan generasi windows yang akan digunakan. Biasanya berkisar antara 1-3 juta rupiah. Sebaliknya, jika Anda ingin menginstal Linux, Anda dapat melakukannya secara gratis tanpa khawatir membayar.

Sumber pribadi vs sumber terbuka

Dari segi akses, Windows lebih private, sehingga tidak semua pengguna bisa mengaksesnya kecuali yang sudah membayar sistem operasi ini. Meskipun Windows bersifat pribadi, lebih mudah digunakan atau mudah digunakan.

Didukung dengan fitur yang lengkap dan sederhana sehingga mudah dipahami oleh pengguna. Sebaliknya, Linux menyediakan layanan yang dapat diakses yang terbuka untuk siapa saja atau open source. Ini memudahkan pengguna untuk menginstal tanpa harus khawatir membayar.

Infeksi virus mudah vs perlindungan virus

Dari segi keamanan, Windows memiliki sistem keamanan yang tidak bekerja secara maksimal, yang membuat sistem operasi ini rentan terhadap virus. Di sisi lain, Linux mampu menjaga sistem keamanan dengan berbagai program antivirus yang membuat sistem aman dari virus komputer.

Membutuhkan RAM besar vs lebih ringan

Dari segi penyimpanan, Windows membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar untuk menyimpan semua data. Tentunya hal ini harus dimodifikasi sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop yang akan dipasang. Di sisi lain, Linux tidak membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar karena bobotnya yang lebih ringan. Jadi tidak memerlukan PC spesifikasi tinggi jika ingin menginstalnya.

Miliar pengguna vs jutaan pengguna

Dalam hal jumlah pengguna, Windows lebih populer di antara miliaran pengguna yang menggunakannya dan akan terus bertambah. Di sisi lain, Linux saat ini memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia.

Sistem terjadwal vs sistem Kapan Saja

Dalam hal pembaruan sistem, Windows memiliki sistem yang terjadwal secara berurutan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Di sisi lain, Linux menawarkan kebebasan kepada penggunanya untuk melakukan pembaruan sistem setiap saat, tanpa kerangka waktu tertentu.

Mendukung berbagai jenis komputer vs dukungan driver

Dari segi dukungan hardware, Windows mendukung semua jenis PC atau laptop yang disesuaikan dengan generasi Windows. Di sisi lain, jika Anda ingin menggunakan Linux, Anda harus mengadaptasi driver lengkap untuk menginstalnya.

Tidak dapat disesuaikan vs mudah disesuaikan

Mengenai perubahan OS, pengguna Windows tidak dapat mengubah atau memodifikasi OS mereka karena sistemnya yang kompleks. Di sisi lain, Linux memberikan kebebasan untuk memodifikasi sistem operasi sesuai keinginan pengguna.
Efisiensi perangkat lunak rendah vs. efisiensi maksimum

Dari segi efisiensi, efisiensi operasi Windows cenderung mengurangi kapasitas. Salah satu penyebabnya adalah scan antivirus yang kurang komprehensif. Di sisi lain, efisiensi kerja Linux secara optimal didukung oleh keamanan dari virus.

Itulah pembahasan terkait Windows vs Linux: Mana yang lebih unggul?, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.